A. Menggunakan Pelayanan Internet

1. Pencarian Menggunakan Situs

Tugas-tugas dari guru biasanya disesuaikan dengan mata pelajarannya masing-masing. Terdapat beberapa situs yang khusus membahas satu topik mata pelajaran atau masalah, antara lain sebagai berikut :
2. Pencarian Menggunakan Search Engine

Selain menggunakan situs-situs yang sesuai dengan mata pelajaran tertentu, kita juga dapat melakukan pencarian informasi melalui Internet dengan menggunakan mesin pencari atau lebih dikenal dengan nama search engine. Search engine yang dapat kita gunakan, antara lain Google, Yahoo, Alta Vista, Alltheweb, Lycos, Excite, Web crawler, dan search engine lainnya. Dalam pembahasan ini, kita akan menggunakan Google untuk melakukan pencarian. Untuk menjalankan Google, ikuti langkah-langkah berikut :
Untuk melakukan pencarian dengan menggunakan Google, langkah-langkahnya adalah :
  • Setelah halaman Google terbuka, masukkan kata kunci pencarian pada kotak isian yang tersedia. Misalnya, kita ingin mencari halaman web yang mengandung informasi mengenai majalah komputer, maka ketikkan kata itu pada kotak isian yang disediakan
  • Tekan tombol Enter pada keyboard. Google akan melakukan pencarian dan segera menampilakan hasilnya
3. Fasilitas Khusus pada Google

Hasil pencarian yang lebih baik dapat kita peroleh karena Google menyediakan fasilitas pencarian yang lebih canggih. Kita dapat menetukan format file yang akan kita cari dengan menggunakan fasilitas ini. Misalnya, kita ingin melakukan pencarian Portable Document Format (PDF) mengenai majalah komputer. Kita ingin agar Google melakukan pencarian secara tepat serta hanya mencari di web yang berbahasa Indonesia. Lakukan dengan menggunakan cara sebagai berikut :
  • Jalankan browser bertuliskan Pencarian Khusus di samping kotak isian kata kunci pencarian
  • Klik hyperlink bertuliskan Pencarian Khusus
  • Hasil pencarian akan ditampilkan
4. Trik Pencarian Melalui Google

Agar pencarian yang kita lakukan melalui Google lebih efektif dan relevan, Google memfasilitasi diri dengan bantuan filterisasi atau penyaringan simbol matematika, tanda kutip, tanda (~), dan simbol Boolean.


A. Simbol Matematika (Tanda Plus (+))

Tanda Plus (+) bekerja apabila kita ingin mencari berbagai dokumen yang mempunyai lebih dari satu kata kunci. Misalnya kita ingin mengetahui nama-nama pemain bola negara Italia pada Piala Dunia 2006. Kita dapat mengetikkan kata kunci sebagai berikut :
  • +italia+footbal+player+name+word+cup+2006
Jika menemui format seperti ini, Google akan mecari seluruh dokumen atau halaman yang didalamnya terdapat kata "italia", "football", "player", "name", world cup", dan 2006". Jika terdapat kurang dari tujuh kata tersebut, maka dokumen yang bersangkutan tidak akan ditampilkan. Cara ini tentunya lebih efisien dibandingkan memasukkan kata kunci "italia football player" atau "italia football name".Tanda plus (+) dapatr kita gunakan sebanyak-banyaknya. Pada dasarnya, semakin banyak tanda plus (+) yang kita gunakan maka semakin spesifik sebuah pencarian.

B. Simbol Matematika (Tanda Minus (-))

Simbol matematika lain yang dapat kita gunakan adalah tanda minus (-). Simbol ini dapat diartikan "kecuali", yang bekerja jika kamu tidak ingin menampilkan dokumen atau file yang berisi kata yang terdapat di belakang tanda minus (-).
Misalnya, jika kita ingin mencari informasi mengenai buku pelajaran tetapi tidak ingin mengetahui informasi tentang komputer, kita dapat menggunakan kata kunci berikut :
  • +buku+pelajaran-komputer
B. Tanda Kutip (")

Jika kita hanya ingin memperoleh halaman web yang mengandung kata majalah komputer, dimana kedua kata tersebut tidak terpisah dan serangkai, maka ikuti langkah-langkah berikut:
  • Buka browser, ketikkan http://www.google.co.id/ pada Address bar, kemudian tekan tombol Enter pada keyboard. 
  • Ketika muncul tampilan seperti awal Google, ketikkan kata kunci pencarian pada kotak isian yang tersedia. Tambahkan tanda petik di awal dan di akhir kata kunci pencarian.
  • Tekan tombol Enter pada keyboard.
D. Tanda (~)

Google juga mengembangkan teknik pencarian dengan sinonim dalam bahasa Indonesia. Penggunaan sinonim ini adalah dengan menambahkan tanda (~) di depan istilah yang akan kita cari. Secara otomatis, Google akan menyertakan sinonim dalam pencariannya. Tanda (~) ini akan memudahkan kita yang kesulitan mencari padanan kata untuk sebuah pencarian yang kita maksud.
Misalnya, kita menggunakan tanda (~) di depan kata kunci penerbit widya utama, maka selain menampilkan dokumen yang mengandung kata "penerbit widya utama", Google juga akan menampilkan dokumen atau file yang juga mengandung kata-kata seperti "utama" atau "penerbit".

E. Operasi Boolean (OR)

Operasi OR biasa diartikan "atau" bekerja dengan cara yang sama dengan karakter spasi dalam simbol matematika. Dengan mengetikkan kata yang kita hubungkan dengan kata OR, hasil pencarian Google menampilkan dokumen atau informasi yang berisi salah satu dari kata yang kita masukkan.
Contoh penggunaan operasi OR, misalnya kita mengetikkan kata kunci berikut "komputer OR matematika". Selanjutnya, Google akan menampilkan seluruh dokumen atau informasi yang mengandung kata "komputer" atau "matematika" atau mengandung kedua kata tersebut.

B. Layanan Chatting untuk Berkomunikasi

CHAT merupakan kependekan dari Conversational Hypertext Access Technology, yaitu suatu sistem yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna Internet di seluruh dunia secara real-time dan online. Chatting merupakan salah satu aktivitas yang cukup populer di Internet, mereka berkumpul dari berbagai suku, bangsa, benua, ras, umur, dan jenis kelamin.
Kita juga dapat berinteraksi langsung dengan para pakar yang berada di tempat lain melalui e-mail atau group, atau dapat juga dengan menggunakan layanan chatting. Terdapat banyak jenis program untuk chatting, salah satunya adalah mIRC. mIRC adalah salah satu program untuk chatting yang populer. mIRC menyediakan antarmuka yang mudah digunakan untuk dapat berhubungan dengan jaringan IRC (Internet Relay Chat). Jaringan IRC adalah sebuah tempat pertemuan maya (virtual) di mana setiap orang dari seluruh penjuru dunia dapat saling berkomunikasi.
Kita dapat memperoleh program ini di http://www.mirc.co.uk/ atau http://www.mirc.com/  Salah satu fasilitas yang menarik dari sekian fasilitas yang terdapat pada mIRC adalah jika kita sudah cukup berpengalaman menggunakan software ini, mIRC memberikan fasilitas untuk penggunanya untuk mengatur konfigurasi sistem yang diinginkan. Kita harus meng-install terlebih dahulu program mIRC jika kita belum memilikinya. Program mIRC yang terbaru sudah mencapai versi 6.17. Program ini dapat kita peroleh (download) secara gratis melalui Internet dengan cara berikut :
  • Jalankan browser kita, lalu buka halaman web http://www.mirc.com/get.html
  • Ketika muncul halaman web, pilih lokasi server terdekat.
  • Secara otomatis akan muncul konfirmasi untuk melakukan download terhadap file instalasi mIRC, kemudian simpan di folder yang kita inginkan.
Untuk melakukan chatting dengan menggunakan mIRC, ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Jalankan program mIRC dari dekstop atau start menu komputer
  • Ketika muncul jendela berikutnya, klik tombol Continue 
  • Secara otomatis akan muncul jendela mIRC Options 
  • Masukkan nama dan alamat e-mail kita. Masukkan juga nama samaran kita dalam kotak isian Nickname. Nama samaran tersebut yang akan kamu gunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain di dalam mIRC. Alternative merupakan nama samaran lain yang perlu kita isikan. Hal ini berguna seandainya nama samaran kita sudah digunakan orang lain
  • Klik tombol Connect To Server pada kotak dialog mIRC Options. Akan muncul jendela mIRC
  • Selanjutnya, pilih salah satu channel yang ingin kita masuki. Kita juga dapat menuliskan nama channel tersebut pada kotak isian Enter a channel name and click join
  • Jendela sebuah channel akan muncul setelah kita berhasil terhubung dengan sebuah channel
  • Pada kotak bagian kanan, klik dua kali pada salah satu daftar alias yang ingin kita ajak mengobrol
  • Sekarang, kita bisa mengobrol dengan teman
  • Untuk menutup atau mengakhiri percakapan, kita dapat mengklik tombol Close pada jendela bagian kanan atas
C. Mailing List di Yahoogroups

Untuk dapat saling berkomunikasi dengan teman satu hobi dan satu profesi, dapat menggunakan suatu sarana yang bisa disebut mailing list. Mailing list atau disingkat Milis merupakan suatu kelompok diskusi dimana setiap orang dapat berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya. Kita dapat membaca e-mail orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Dengan kata lain, mailing list adalah sebuah daftar alamat-alamat e-mail yang mempunyai kesukaan atau kepentingan yang sama.
Jika seseorang mengirimkan e-mail yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, kita dapat me-reply e-mail pengirim tersebut, mengirim e-mail baru, atau hanya membacanya saja. Setiap kali kita atau orang lain me-reply sebuah e-mail, email tersebut akan didistribusikan ke setiap mailbox setiap orang yang terdapat dalam daftar anggota. Hal ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing list Manager atau Mail Server. Salah satu contoh mailing list yang terkenal adalah Yahoo! Groups.
Yahoo! Groups merupakan layanan mailing list yang disediakan oleh Yahoo! dan kita dapat gunakan untuk saling berkomunikasi baik melalui web maupun dengan menggunakan e-mail client, seperti Outlook Express. Dengan maling list, member (anggota) yang tergabung dapat mengirimkan pesan ke semua anggota dengan sekali kirm.

1. Membuat Mailing List di Yahoo! Groups

Langkah-langkah untuk membuat mailing list di Yahoo! Groups, yaitu :
  • Jalankan browser 
  • Buka situs Yahoo! Groups di http://groups.yahoo.com 
  • Klik Sign in untuk melakukan pendaftaran. Lakukan Login dengan menggunakan account Yahoo! ID yang telah kita miliki.
  • Klik create a group, maka akan muncul halaman Start a Group. Selanjutnya, klik salah satu kategori yang merupakan deskripsi mailing list kita. Misalnya, kita klik Computers & Internet.
  • Ketika muncul halaman web berikutnya, klik link Internet
  • Lalu, klik tombol Place my group here
  • Ketika muncul halaman berikutnya, ketikkan nama mailing list atau nama group pada kotak Group Name, ketikkan alamat e-mail list kita pada kotak isian Enter your Group e-mail address. Selnjutnya, deskripsikan singkat tentang mailing list kita, kemudian klik tombol Continue
  • Selanjutnya, akan muncul halaman berikutnya. Pada halaman tersebut, tentukan profil mailng list kita.Ketikkan huruf yang terdapat dalam gambar ke dalam kotak isian Word Verification, lalu klik tombol Continue
  • Selanjutnya, akan ditampilkan halaman verifikasi atau konfirmasi bahwa kita telah berhasil membuat mailing list
  • Kilk Customize Your Group untuk mengatur keanggotaan kelompok milis
  • Klik Invite People to Join untuk mengajak orang lain ikut bergabung dalam milis
  • Kita dapat mengkilk tulisan Sign Out untuk menutup mailing list kita
2. Berkirim E-mail Menggunakan Mailing List

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Buka account e-mail kita
  • Klik tombol Compose untuk membuat pesan yang akan kamu kirim melalui alamat mailing list yang kita tuju. Klik tombol Send untuk mengirim e-mail tersebut
  • Setiap anggota mailing list akan menerima kiriman e-mail tersebut. Karena kita termasuk anggota mailing list, maka kita juga akan menerima e-mail yang kita kirimkan

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Saya siswa SMAN 2 Bekasi, kelahiran Surabaya. Saya senang berteman dan punya teman banyak. Baru buat blog bulan November 2009, karena tugas dari sekolah. Alamat saya Perumahan Bumi Sani Permai Blok C4 no 11, Bekasi. Mobile +628568790705

Time

IP Adress

IP

About this blog

Blog ini dibuat untuk menyelesaikan tugas TIK dari ka' fanny..